<Bahasa> IndonesiaIndonesia JepangJepang

Situs informasi mengenai investasi real estate di Indonesia dan Jepang

HOME > Jenis dan Fitur Hunian Sewa

Jenis dan Fitur Hunian Sewa

Jakarta dibagi menjadi 5 wilayah yaitu Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat.
Di antara wilayah tersebut yang paling banyak dihuni orang asing termasuk orang Jepang adalah wilayah mulai dari Jakarta Pusat hingga Jakarta Selatan.
Wilayah tinggal Orang Jepang terbagi menjadi Orang yang berdinas sendiri dan berdinas bersama keluarga. Orang yang berdinas sendiri menggunakan hunian dekat tempat kerja di sekitar Jakarta Pusat, sedang orang yang berdinas bersama keluarga tinggal di sekitar Jakarta Selatan menggunakan hunian dekat fasilitas yang praktis untuk hidup seperti kondisi antar jemput anak ke sekolah Jepang, mall, dan lain-lain.
Dulu, jenis hunian yang dipakai Orang Jepang adalah rumah tapak, namun dalam kehidupan di luar negeri segi keamanan sangat diutamakan. Sekarang ini, banyak yang menggunakan apartemen.

Jenis hunian sewa dibagi menjadi 4 tipe yaitu apartemen, apartemen plus layanan, townhouse, dan rumah tapak.

Apartemen Apartemen plus layanan Townhouse Rumah tapak

1. Apartemen (pemilik adalah pribadi atau korporasi)

Yang disebut apartemen di sini sama dengan kondominium di Jepang. Untuk tipe ruang yang luas seperti 3 kamar tidur (di Jepang dinotasikan dengan 3LDK), luasnya hampir 100m2 atau lebih. Untuk penataan ruang, kalau yang umum di Jepang layoutnya yakni mulai dari beranda menuju pintu masuk, lalu untuk masuk ke ruang keluarga atau ke tiap-tiap ruangan melewati koridor. Sedangkan hunian di Jakarta, tipe yang banyak diterapkan adalah begitu melewati pintu masuk segera berhadapan dengan ruang keluarga atau ruang makan. 

 
Penataan ruang kondominium di Jepang   Penataan ruang apartemen di Jakarta

Banyak bangunan pencakar langit, tapi tidak banyak yang menyediakan balkon. Sehingga untuk cucian, dikeringkan menggunakan alat pengering ataukah dijemur di dalam area servis.

Hampir semua apartemen menyediakan juga fasilitas umum seperti kolam renang, fitness center, lapangan tenis, tempat bermain anak, area untuk barbeque, minimarket, dan lain-lain yang kapan saja bisa bebas digunakan. Selain itu, apartemen yang dibangun dengan shopping mall besar disediakan jalur penghubung khusus di mana sekalipun hari hujan tetap bisa berbelanja, makan, dan sebagainya tanpa perlu keluar.

Kolam renang Tempat bermain anak Lapangan tenis

Untuk keamanan yang menjadi prioritas utama di dalam kehidupan di luar negeri, petugas keamanan disiagakan 24 jam di gerbang masuk dan pintu keluar masuk tempat parkir untuk memeriksa setiap tamu yang berkunjung.

Selain itu, keamanan pun dilengkapi juga dengan kartu akses atau kartu parkir khusus yang bila tidak memilikinya maka tidak bisa menggunakan lift, tempat parkir, dan fasilitas bersama lainnya.

Di dalam ruang apartemen tersedia fasilitas pendingin, penerangan, hordeng, listrik atau kompor gas, dan lain-lain. Sedangkan untuk apartemen yang dilengkapi perabot rumah tangga, disediakan peralatan listrik seperti televisi, kulkas, microwave, dan lain-lain serta perangkat furnitur seperti perangkat makan, perangkat keluarga, closet, perlengkapan tidur, dan sebagainya (penambahan perangkat listrik dan furnitur sesuai kesepakatan dengan pihak pemilik).

Dengan dilengkapinya keamanan dan kemudahan seperti ini, membuat banyak Orang Jepang yang menggunakannya baik yang berdinas sendiri maupun yang berdinas bersama keluarganya.

2. Apartemen plus layanan (pemilik adalah korporasi)

Yang dimaksud apartemen plus layanan adalah apartemen yang menyediakan layanan sekelas hotel seperti layanan kebersihan, laundri, penggantian sprei, makanan, dan sebagainya. Dari segi bangunan, sebagiannya dibuat seperti hotel atau satu gedung secara total dibuat sebagai apartemen plus layanan. Ruangannya dilengkapi perangkat elektronik dan furnitur, serta disediakan fasilitas umum dan juga keamanan seperti apartemen umumnya.

Perusahaan atau hotel penyedia layanan menempatkan staf pengelola khusus, dan melaksanakan pengawasan dan pengelolaan gedung. Sebab itu kebersihan di bagian untuk umum seperti pintu gerbang, koridor, dan lain-lain juga menjadi tanggung jawab mereka, isi layananpun dibuat sama, dan segera bertindak bila terjadi ketidakberesan pada fasilitas dan lain-lainnya. 

Apartemen plus layanan ini dapat juga disewa untuk jangka pendek.  Hal ini membuat orang yang berdinas luar singkat dan berdinas luar sendirian banyak menyukainya.

3. Rumah tapak (pemilik adalah pribadi atau korporasi)

Hunian yang umumnya memiliki pekarangan, dibangun di atas tanah yang luas dibanding Rumah tapak di Jepang serta memiliki bangunan yang luas. Selain itu, ada pula Rumah tapak yang memiliki kolam renang, privacy pun dapat terjaga serta dapat menikmati lingkungan yang cukup mewah. 

Namun di balik itu untuk menjaga keselamatan perlu mempekerjakan petugas keamanan, disamping membayar pembantu rumah tangga untuk mengelolanya (kebersihan, merawat pekarangan, dan lain-lain). Tidak adanya layanan pengelolaan seperti di apartemen, dan banyaknya berbagai urusan kehidupan sehari-hari (bergaul dengan tetangga, dan lain-lain) membuat hampir tidak ada Orang Jepang yang menggunakan rumah tapak ini.

4. Townhouse

Mirip dengan rumah tapak tapi berada di atas area tanah yang luas di mana banyak berjajar rumah tapak yang sekitarnya dikelilingi pagar. Di atas tanah yang luas itu banyak ditumbuhi pohon, dan ada pula fasilitas umum seperti kolam renang, lapangan tenis, area barbeque, taman, dan lain-lain.

Di pintu masuk area tanah tersebut selalu berjaga petugas keamanan yang memeriksa tamu yang berkunjung. Pengelolaan gedung dan fasiltas umum ditangani oleh kantor pengelola sehingga penghuni dapat tinggal dengan nyaman dan aman.

Tetapi, untuk townhouse ini membutuhkan area tanah luas menyebabkan keberadaannya banyak di pinggiran kota dan tidak ada di daerah pusat Jakarta.  Tidak banyak fasilitas yang menunjang kemudahan hidup di sekitarnya disamping keterkaitannya dengan waktu tempuh ke tempat kerja membuatnya tidak banyak Orang Jepang yang menggunakannya. 

Peta pendukung

Informasi terkait jual beli properti dan investasi

Formulir mail ada di sini
Kembali ke awal halaman